Tujuan:
1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi
3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND
4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr
4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi
CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”)
Contoh Kasus
Syarat :
•Lulus jika nilai ujian lebih besar atau sama dengan 60•jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus
Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bila hasil dari evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() adalah salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions).
1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi
3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND
4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr
4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi
1. Fungsi "IF"
FORMAT DASAR :
=If(logical_tes,jika_benar,jika_salah) CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”)
Contoh Kasus
Syarat :
•Lulus jika nilai ujian lebih besar atau sama dengan 60•jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus
RUMUS =IF (B18>=F$5;"Lulus";"Tidak Lulus")
2. Argumen berupa teks
penggabungan text dengan fungsi IF, syarat argumen atau keterangan berupa data berbentuk text (alpha numeric) sehingga harus diapit dengan tanda "........."
Catatan: penggunaan huruf besar atau keci tidak masalah asalkan bunyinya sama
3. Fungsi OR
Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bila hasil dari evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() adalah salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions).
=IF(OR(C12="SMU/SMK";C12="D1");"Tes tahap 1";"gagal")
=IF(AND(B10>=$G$2;C10<=$G$3);"Tes tahap I";"Gagal"
Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus.
4. Fungsi AND
Fungsi AND Menghasilkan nilai logika TRUE jika seluruh kondisi argumen yang di uji terpenuhi atau mengevaluasi ke TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argumennya tidak terpenuhi atau mengevaluasi ke FALSE
=IF(AND(B10>=$G$2;C10<=$G$3);"Tes tahap I";"Gagal"
5. Fungsi IF Bertingkat
=IF(B9<60;"E";IF(B9<75;"D";IF(B9<85;"C";IF(B9<95;"B";"A"))))
6. VLOOKUP
Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus.
7. HLOOKUP
Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris/horizontal.HLOOKUP judul kolomnya terletak dibagian kiri dan data-datanya tersusun ke kanan dalam bentuk horizontal.
8. FUNGSI LEFT,MIDDLE,RIGHT
*Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
*Kebalikan dari fungsi LEFT, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks dari karakter terakhir sampai dengan sejumlah karakter tertentu yang diinginkan. Fungsi RIGHT akan mengambil karakter dari karakter terakhir dan bergerak dari kanan ke kiri.
*Berbeda dengan fungsi left dan right yang mengambil karakter dari karakter pertama atau terakhir suatu teks, fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.
LINK PENGERJAAN
https://drive.google.com/file/d/1Z9Q3Wg3i2Cz93epckcMw5NLz1gy0D7DA/view?usp=sharing
Comments
Post a Comment