Skip to main content

LOGIKAL dan FUNGSI

Tujuan:
1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi
3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND

4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr
4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi 


1. Fungsi "IF"   
FORMAT DASAR :
=If(logical_tes,jika_benar,jika_salah) 
CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”) 

Contoh Kasus
Syarat :
•Lulus jika nilai ujian lebih  besar atau sama dengan 60•jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus
  
 
 
RUMUS =IF (B18>=F$5;"Lulus";"Tidak Lulus")
2. Argumen berupa teks 
penggabungan text dengan fungsi IF, syarat argumen atau keterangan berupa data berbentuk text (alpha numeric) sehingga harus diapit dengan tanda "........."
 
Catatan: penggunaan huruf besar atau keci tidak masalah asalkan bunyinya sama
3. Fungsi OR

Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bila hasil dari evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() adalah salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions).
=IF(OR(C12="SMU/SMK";C12="D1");"Tes tahap 1";"gagal")

 
4. Fungsi AND

        Fungsi AND Menghasilkan nilai logika TRUE jika seluruh kondisi argumen yang di uji terpenuhi atau mengevaluasi ke TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argumennya tidak terpenuhi atau mengevaluasi ke FALSE
 
=IF(AND(B10>=$G$2;C10<=$G$3);"Tes tahap I";"Gagal"
 
 
 
5. Fungsi IF Bertingkat
 
=IF(B9<60;"E";IF(B9<75;"D";IF(B9<85;"C";IF(B9<95;"B";"A"))))


6. VLOOKUP


Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus.
 
  
                     
            

7. HLOOKUP

        Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris/horizontal.HLOOKUP judul kolomnya terletak dibagian kiri dan data-datanya tersusun ke kanan dalam bentuk horizontal.

  
 
 

8. FUNGSI LEFT,MIDDLE,RIGHT

       *Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
       *Kebalikan dari fungsi LEFT, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks dari karakter terakhir sampai dengan sejumlah karakter tertentu yang diinginkan. Fungsi RIGHT akan mengambil karakter dari karakter terakhir dan bergerak dari kanan ke kiri. 
      *Berbeda dengan fungsi left dan right yang mengambil karakter dari karakter pertama atau terakhir suatu teks, fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.
 
  


LINK PENGERJAAN
https://drive.google.com/file/d/1Z9Q3Wg3i2Cz93epckcMw5NLz1gy0D7DA/view?usp=sharing

Comments

Popular posts from this blog

Potongan Harga

Pada sheet I merupakan cara menghitung potongan harga dengan memasukkan harga sebelum potongan harga dan dengan potongan 25%. Untuk menghitungnya masukkan rumus =B9*B2. Maka akan diketahui jumlah yang harus dibayar. Pada sheet II merupakan untuk menghitung pembayaran apabila terdapat syarat pembayaran. Untuk menghitung rincian pembayaran tuliskan nilai transaksi =B10 dan kalikan dengan nilai potongan =IF(B11<=B9+C3,B2*B10,0) maka akan secara otomatis diketahui jumlah pembayaran atau menggunakan rumus =B14-B15. Pada sheet III merupakan syarat pembayaran dengan memasukkan tanggal transaksi =C4+42004  dan tanggal pembayaran =C5+42004 maka akan diketahui tanggal jatuh tempo =EOMONTH(B4,0). Dan untuk menuliskan penjelasan dapat menggunakan fungsi IF dengan rumus =IF(B5<=B6,"Pembayaran belum melewati batas jatuh tempo tanggal "&TEXT(B6,"dd mmmm yyy")&" (masih "&B6-B5&" hari lagi)"," Pembayaran telah melew...

Kriteria Data (6)

Pada sheet I merupakan transaksi penjualan. Langkah pertama membuat data pelanggan seperti pada tabel F11:I22. Lalu memasukkan data pelanggan pada tabel A1:D20. Untuk tabel nama pelanggan dapat dibuat dengan memasukkan fungsi vlookup dengan rumus =VLOOKUP(A2,$G$13:$I$22,2). Untuk tabel alamat juga menggunakan fungsi vlookup dengan rumus =VLOOKUP(A2,$G$13:$I$22,3). Untuk tabel transaksi ditulis secara manual. Pengaplikasian fungsi IF terdapat pada sel I3 untuk mengetahui total transaksi pada Jakarta dengan rumus =IF(G3=1,"Jakarta",IF(G3=2,"Bogor","Bandung")). Sedangkan pengaplikasian sumif terdapat pada sel J6 untuk mengetahui total transaksi pada Jakarta dengan rumus =SUMIF($C$2:$C$20,I6,$D$2:$D$20). Dan pada kota Bandung dan Bogor dengan rumus yang sama. Pada sheet II merupakan transaksi penjualan. Langkah pertama membuat data pelanggan seperti pada tabel A23:D33. Lalu memasukkan data pelanggan pada tabel A1:D20. Untuk tabel nama pel...

Konsep Gui, Combo Box, dan List Box

Nama       : Afrizal Putra Pradana Kls               : 2G-D4 Manajemen Pemasaran No                : 6 Judul            : Bermain Konsep Gui,combo box dan list box Tujuan          : Agar mengetahui cara konsep gui, combo box dan list box VALIDATION DATA PERTAMA KALI SIAPKAN DATA SEPERTI CONTOH EXCEL LETAKKAN KURSOR DIMANA MAU DILETAKKAN DATA VALIDASINYA KLIK DATA à DATA VALIDATION à DATA VALIDATION SETTING PILIH ALLOW à LIST à sorot / blok range data yang telah dibuat TOMBOL PILIHAN • Digunakan untuk memilih dan menetapkan data masukan (input data). • File -> Options -> Custumize Ribbon -> checked menu Developer • PROSEDUR PEMBUATAN OPTION BUTTON 1. Buat daftar pendidikan 2. Input 1 nilai di sembarang tempat (CONTOH B7). 3. klik kanan -> format control à Valu...