Skip to main content

LOGIKAL dan FUNGSI

Tujuan:
1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi
3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND

4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr
4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi 


1. Fungsi "IF"   
FORMAT DASAR :
=If(logical_tes,jika_benar,jika_salah) 
CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”) 

Contoh Kasus
Syarat :
•Lulus jika nilai ujian lebih  besar atau sama dengan 60•jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus
  
 
 
RUMUS =IF (B18>=F$5;"Lulus";"Tidak Lulus")
2. Argumen berupa teks 
penggabungan text dengan fungsi IF, syarat argumen atau keterangan berupa data berbentuk text (alpha numeric) sehingga harus diapit dengan tanda "........."
 
Catatan: penggunaan huruf besar atau keci tidak masalah asalkan bunyinya sama
3. Fungsi OR

Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bila hasil dari evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() adalah salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions).
=IF(OR(C12="SMU/SMK";C12="D1");"Tes tahap 1";"gagal")

 
4. Fungsi AND

        Fungsi AND Menghasilkan nilai logika TRUE jika seluruh kondisi argumen yang di uji terpenuhi atau mengevaluasi ke TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argumennya tidak terpenuhi atau mengevaluasi ke FALSE
 
=IF(AND(B10>=$G$2;C10<=$G$3);"Tes tahap I";"Gagal"
 
 
 
5. Fungsi IF Bertingkat
 
=IF(B9<60;"E";IF(B9<75;"D";IF(B9<85;"C";IF(B9<95;"B";"A"))))


6. VLOOKUP


Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus.
 
  
                     
            

7. HLOOKUP

        Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris/horizontal.HLOOKUP judul kolomnya terletak dibagian kiri dan data-datanya tersusun ke kanan dalam bentuk horizontal.

  
 
 

8. FUNGSI LEFT,MIDDLE,RIGHT

       *Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
       *Kebalikan dari fungsi LEFT, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks dari karakter terakhir sampai dengan sejumlah karakter tertentu yang diinginkan. Fungsi RIGHT akan mengambil karakter dari karakter terakhir dan bergerak dari kanan ke kiri. 
      *Berbeda dengan fungsi left dan right yang mengambil karakter dari karakter pertama atau terakhir suatu teks, fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.
 
  


LINK PENGERJAAN
https://drive.google.com/file/d/1Z9Q3Wg3i2Cz93epckcMw5NLz1gy0D7DA/view?usp=sharing

Comments

Popular posts from this blog

DATA MASUKAN DAN TEKS (Ms Excell Part II)

Hallo Guys Back again with me.. Kali ini kita akan belajar mengenai Microsoft axcell lagi nihh.. Udah pada Penasaran kan sama rumus Baru jadi ga usah lagi tulis manual mulu hihihi :D di Ms. Excell, Langsung aja ya guys.. TUJUAN Pencatatan Angka - Penulisan angka sering kali membutuhkan teks sehingga lebih informative seperti buah , butir , ekor , orang dll . - Perlu cara angar penambahan tersebut , cell tetap dapat digunakan untuk operasi matematika . - Penulisan angka ½, ¼ dsb kadang oleh Excel dianggap sebagai penulisan tanggal - Untuk mengatasinya dibutuhkan angka 0 sebelum menulis angka tersebut Format Text • Fungsi TEXT memungkinkan Anda untuk mengubah cara angka muncul dengan menerapkan pemformatan ke dalamnya dengan kode format. • Hal ini bermanfaat ketika Anda ingin menampilkan angka dalam format yang lebih mudah dibaca , atau ketika ingin menggabungkan angka dengan teks atau simbol . ANGKA DAN TAND...

Potongan Harga

Pada sheet I merupakan cara menghitung potongan harga dengan memasukkan harga sebelum potongan harga dan dengan potongan 25%. Untuk menghitungnya masukkan rumus =B9*B2. Maka akan diketahui jumlah yang harus dibayar. Pada sheet II merupakan untuk menghitung pembayaran apabila terdapat syarat pembayaran. Untuk menghitung rincian pembayaran tuliskan nilai transaksi =B10 dan kalikan dengan nilai potongan =IF(B11<=B9+C3,B2*B10,0) maka akan secara otomatis diketahui jumlah pembayaran atau menggunakan rumus =B14-B15. Pada sheet III merupakan syarat pembayaran dengan memasukkan tanggal transaksi =C4+42004  dan tanggal pembayaran =C5+42004 maka akan diketahui tanggal jatuh tempo =EOMONTH(B4,0). Dan untuk menuliskan penjelasan dapat menggunakan fungsi IF dengan rumus =IF(B5<=B6,"Pembayaran belum melewati batas jatuh tempo tanggal "&TEXT(B6,"dd mmmm yyy")&" (masih "&B6-B5&" hari lagi)"," Pembayaran telah melew...

Study Kasus

Nama     : Afrizal Putra Pradana Kls         : 2G-D4 Manajemen Pemasaran Nim        : 1742620071 No.Absen : 6 NILAI AKHIR:                        •TUGAS (10%) •QUIZ (20%) •UTS (30%) •UAS (40%)  Untuk mencari nilai akhir menggunakan rumus     =((10%*nilai tugas)+(20%*nilai quiz)+(30%*nilai uts)+(40%*nilai uas)) PREDIKAT NILAI: 0-50 (E) 51-60 (D) 61-65 (C) 66-70 (C+) 71-80 (B) 81-85 (B+) 86-100 (A) Untuk mencari predikat nilai menggunakan rumus    =VLOOKUP(nilai akhir;tabel predikat nilai;huruf) KETERANGAN :   =IF(AND(I4(nilai akhir)>=$O$11(minimal nilai);D4(pertemuan)>=$O$12(minimal kehadiran));"LULUS";"TIDAK LULUS") Link Pengerjaan https://drive.google.com/file/d/18c0rUSn4ksVAJTlw1tnxn2...