Skip to main content

LOGIKAL dan FUNGSI

Tujuan:
1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi
3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND

4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr
4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi 


1. Fungsi "IF"   
FORMAT DASAR :
=If(logical_tes,jika_benar,jika_salah) 
CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”) 

Contoh Kasus
Syarat :
•Lulus jika nilai ujian lebih  besar atau sama dengan 60•jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus
  
 
 
RUMUS =IF (B18>=F$5;"Lulus";"Tidak Lulus")
2. Argumen berupa teks 
penggabungan text dengan fungsi IF, syarat argumen atau keterangan berupa data berbentuk text (alpha numeric) sehingga harus diapit dengan tanda "........."
 
Catatan: penggunaan huruf besar atau keci tidak masalah asalkan bunyinya sama
3. Fungsi OR

Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bila hasil dari evaluasi salah satu kondisi bernilai TRUE dan bila tidak ada hasil evaluasi kondisi yang bernilai TRUE, maka akan mengembalikan atau menghasilkan nilai FALSE. Fungsi OR() adalah salah satu fungsi yang telah terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi logika (logical functions).
=IF(OR(C12="SMU/SMK";C12="D1");"Tes tahap 1";"gagal")

 
4. Fungsi AND

        Fungsi AND Menghasilkan nilai logika TRUE jika seluruh kondisi argumen yang di uji terpenuhi atau mengevaluasi ke TRUE dan menghasilkan nilai FALSE jika salah satu argumennya tidak terpenuhi atau mengevaluasi ke FALSE
 
=IF(AND(B10>=$G$2;C10<=$G$3);"Tes tahap I";"Gagal"
 
 
 
5. Fungsi IF Bertingkat
 
=IF(B9<60;"E";IF(B9<75;"D";IF(B9<85;"C";IF(B9<95;"B";"A"))))


6. VLOOKUP


Vlookup digunakan untuk mencari nilai dalam bentuk vertikal, sesuai dengan awalan huruf V yang merupakan singkatan dari Vertikal/tegak Lurus.
 
  
                     
            

7. HLOOKUP

        Fungsi HLOOKUP digunakan untuk mengisi data berdasarkan tabel referensi yang berbentuk baris/horizontal.HLOOKUP judul kolomnya terletak dibagian kiri dan data-datanya tersusun ke kanan dalam bentuk horizontal.

  
 
 

8. FUNGSI LEFT,MIDDLE,RIGHT

       *Fungsi LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks yang dimulai dari karakter pertama atau karakter paling kiri sampai sejumlah karakter tertentu sesuai dengan yang kita inginkan.
       *Kebalikan dari fungsi LEFT, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter tertentu suatu teks dari karakter terakhir sampai dengan sejumlah karakter tertentu yang diinginkan. Fungsi RIGHT akan mengambil karakter dari karakter terakhir dan bergerak dari kanan ke kiri. 
      *Berbeda dengan fungsi left dan right yang mengambil karakter dari karakter pertama atau terakhir suatu teks, fungsi MID mengambil sejumlah karakter dari karakter kesekian sampai dengan sejumlah karakter yang diinginkan. Fungsi MID bergerak dari kiri ke kanan sama dengan fungsi LEFT, hanya saja bukan dari karakter pertama.
 
  


LINK PENGERJAAN
https://drive.google.com/file/d/1Z9Q3Wg3i2Cz93epckcMw5NLz1gy0D7DA/view?usp=sharing

Comments

Popular posts from this blog

Potongan Harga

Pada sheet I merupakan cara menghitung potongan harga dengan memasukkan harga sebelum potongan harga dan dengan potongan 25%. Untuk menghitungnya masukkan rumus =B9*B2. Maka akan diketahui jumlah yang harus dibayar. Pada sheet II merupakan untuk menghitung pembayaran apabila terdapat syarat pembayaran. Untuk menghitung rincian pembayaran tuliskan nilai transaksi =B10 dan kalikan dengan nilai potongan =IF(B11<=B9+C3,B2*B10,0) maka akan secara otomatis diketahui jumlah pembayaran atau menggunakan rumus =B14-B15. Pada sheet III merupakan syarat pembayaran dengan memasukkan tanggal transaksi =C4+42004  dan tanggal pembayaran =C5+42004 maka akan diketahui tanggal jatuh tempo =EOMONTH(B4,0). Dan untuk menuliskan penjelasan dapat menggunakan fungsi IF dengan rumus =IF(B5<=B6,"Pembayaran belum melewati batas jatuh tempo tanggal "&TEXT(B6,"dd mmmm yyy")&" (masih "&B6-B5&" hari lagi)"," Pembayaran telah melew

Study Kasus

Nama     : Afrizal Putra Pradana Kls         : 2G-D4 Manajemen Pemasaran Nim        : 1742620071 No.Absen : 6 NILAI AKHIR:                        •TUGAS (10%) •QUIZ (20%) •UTS (30%) •UAS (40%)  Untuk mencari nilai akhir menggunakan rumus     =((10%*nilai tugas)+(20%*nilai quiz)+(30%*nilai uts)+(40%*nilai uas)) PREDIKAT NILAI: 0-50 (E) 51-60 (D) 61-65 (C) 66-70 (C+) 71-80 (B) 81-85 (B+) 86-100 (A) Untuk mencari predikat nilai menggunakan rumus    =VLOOKUP(nilai akhir;tabel predikat nilai;huruf) KETERANGAN :   =IF(AND(I4(nilai akhir)>=$O$11(minimal nilai);D4(pertemuan)>=$O$12(minimal kehadiran));"LULUS";"TIDAK LULUS") Link Pengerjaan https://drive.google.com/file/d/18c0rUSn4ksVAJTlw1tnxn2BQzeiKHWfK/view?usp=sharing

Format Kondisional (7)

Pada sheet I merupakan cara membuat sel dengan font, border dan fill menggunakan warna atau menggunakan conditional formatting. Langkah-langkah dalam membuat conditional formatting sel E1 :E26  : 1.        Sorot sel E1 :E26 lalu klik conditional formatting 2.        Pilih menu new rules dan klik format only cells that contain 3.        Pada bagian opsi format only cells with pilih no blanks. 4.        Lalu akan muncul jendela format cells dan atur tab font/jenis, ukuran dan warna. Tab border/ukuran dan warna bingkai. Dan tab fill untuk warna latar belakang sel. Lalu pilih tombol ok.         Setelah itu masukkan menu developer dan pilih insert scroll bar untuk pilih angka. Dan untuk mengisi sel E1 dapat menggunakan rumus =IF(C1=0,"0",0). Hingga sel E26 masukkan rumus =IF(E25<$C$1,E25+1,"25") Pada sheet II merupakan data prediksi kemampuan bayar dan angsuran bunga yang dikombinasikan dengan format kondisional. Langkah awal yaitu buat judul