Skip to main content

Format Kondisional (7)


Pada sheet I merupakan cara membuat sel dengan font, border dan fill menggunakan warna atau menggunakan conditional formatting. Langkah-langkah dalam membuat conditional formatting sel E1:E26 :
1.      Sorot sel E1:E26 lalu klik conditional formatting
2.      Pilih menu new rules dan klik format only cells that contain
3.      Pada bagian opsi format only cells with pilih no blanks.
4.      Lalu akan muncul jendela format cells dan atur tab font/jenis, ukuran dan warna. Tab border/ukuran dan warna bingkai. Dan tab fill untuk warna latar belakang sel. Lalu pilih tombol ok.
        Setelah itu masukkan menu developer dan pilih insert scroll bar untuk pilih angka. Dan untuk mengisi sel E1dapat menggunakan rumus =IF(C1=0,"0",0). Hingga sel E26 masukkan rumus =IF(E25<$C$1,E25+1,"25")


Pada sheet II merupakan data prediksi kemampuan bayar dan angsuran bunga yang dikombinasikan dengan format kondisional. Langkah awal yaitu buat judul atau nama per item lalu pilih menu developer dan pilih insert scroll bar untuk membuat range nilai. Setelah itu cari nilai per item menggunakan formula excel. Seperti untuk mencari nilai C2 masukkan rumus =B2*10000. C3= =B3*1000 dan C7 =C6*C5. Pada sel F8:F9 tuliskan secara manual.    

Untuk angsuran pinjaman sistem bunga tetap nilai A12 tuliskan secara manual. Lalu untuk sel C12:F12 gunakan format kondisional sel. Untuk mencari nilai sel C12 gunakan rumus =$A12/(C11*12)+(F$3/12*$F2). Hingga sel K12 masukkan rumus =$A12/(K11*12)+$A12*($F3/12).

Comments

Popular posts from this blog

DATA MASUKAN DAN TEKS (Ms Excell Part II)

Hallo Guys Back again with me.. Kali ini kita akan belajar mengenai Microsoft axcell lagi nihh.. Udah pada Penasaran kan sama rumus Baru jadi ga usah lagi tulis manual mulu hihihi :D di Ms. Excell, Langsung aja ya guys.. TUJUAN Pencatatan Angka - Penulisan angka sering kali membutuhkan teks sehingga lebih informative seperti buah , butir , ekor , orang dll . - Perlu cara angar penambahan tersebut , cell tetap dapat digunakan untuk operasi matematika . - Penulisan angka ½, ¼ dsb kadang oleh Excel dianggap sebagai penulisan tanggal - Untuk mengatasinya dibutuhkan angka 0 sebelum menulis angka tersebut Format Text • Fungsi TEXT memungkinkan Anda untuk mengubah cara angka muncul dengan menerapkan pemformatan ke dalamnya dengan kode format. • Hal ini bermanfaat ketika Anda ingin menampilkan angka dalam format yang lebih mudah dibaca , atau ketika ingin menggabungkan angka dengan teks atau simbol . ANGKA DAN TAND...

Study Kasus

Nama     : Afrizal Putra Pradana Kls         : 2G-D4 Manajemen Pemasaran Nim        : 1742620071 No.Absen : 6 NILAI AKHIR:                        •TUGAS (10%) •QUIZ (20%) •UTS (30%) •UAS (40%)  Untuk mencari nilai akhir menggunakan rumus     =((10%*nilai tugas)+(20%*nilai quiz)+(30%*nilai uts)+(40%*nilai uas)) PREDIKAT NILAI: 0-50 (E) 51-60 (D) 61-65 (C) 66-70 (C+) 71-80 (B) 81-85 (B+) 86-100 (A) Untuk mencari predikat nilai menggunakan rumus    =VLOOKUP(nilai akhir;tabel predikat nilai;huruf) KETERANGAN :   =IF(AND(I4(nilai akhir)>=$O$11(minimal nilai);D4(pertemuan)>=$O$12(minimal kehadiran));"LULUS";"TIDAK LULUS") Link Pengerjaan https://drive.google.com/file/d/18c0rUSn4ksVAJTlw1tnxn2...

LOGIKAL dan FUNGSI

Tujuan: 1. untuk mengetahui cara menggunakan format dasar fungsi 3. untuk mengetahui penggunaan OR dan AND 4. untuk mepelajari fungsi left,midle,rightr 4. untuk melaporkan hasil petemuan yang membahas logika dan fungsi  1. Fungsi "IF"     FORMAT DASAR : =If(logical_tes,jika_benar,jika_salah)   CONTOH :=if(b18>=60;”lulus”;”tidak lulus”)   Contoh Kasus Syarat : •Lulus jika nilai ujian lebih  besar atau sama dengan 60 •jika syarat tidak terpenuhi maka dinyatakan tidak lulus         RUMUS  =IF (B18>=F$5;"Lulus";"Tidak Lulus") 2. Argumen berupa teks   penggabungan text dengan fungsi IF, syarat argumen atau keterangan berupa data berbentuk text (alpha numeric) sehingga harus diapit dengan tanda "........."   Catatan: penggunaan huruf besar atau keci tidak masalah asalkan bunyinya sama 3. Fungsi OR Fungsi OR() di Microsoft Excel digunakan untuk mengembalikan atau menghasilkan nilai TRUE bil...